Definisi Kognitif, Afektif dan Psikomotorik

Dipublikasikan oleh admin pada

Dunia pendidikan selalu identik dengan istilah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik. Guru dituntut untuk memahami, mengimplementasikan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik siswa  dalam Kegiatan Beajar Mengajar (KBM) di kelas, tentunya pelaksanaan pengembangan ranah ranah ini harus sejalan dengan tujuan pendidikan UUD 1945 dan Pancasila.

Dalam perkembangannya seorang guru di tuntu untuk menuangkan semua ranah ini dalam mendesain Perencanaan KBM di kelas hingga pelaksanaan evaluasi akhir pelajaran. Maka penting bagi seorang guru untuk memahami dan mengaplikasikan ranah ini bukan sekedar menghafal atau sekedar memahami namun tidak mampu melaksanakannya.

Di pembahasan kali ini akan dtuangkan secara singkat apa itu Kognitif, Afektif dan Psikomotorik :

  1. Ranah kognitif adalah ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Segala upaya yang menyangkut aktivitas otak adalah termasuk dalam ranah kognitif. Ranah kognitif memiliki enam jenjang atau aspek, yaitu: Pengetahuan/hafalan/ingatan (knowledge), Pemahaman (comprehension), Penerapan (application), Analisis (analysis), Sintesis (syntesis), dan Penilaian/penghargaan/evaluasi (evaluation). Namun pengklasifikasian dan pengorganisasian ranah kognitif direvisi oleh Anderson dan Kathworl dengan mengklasifikasi pengetahuan (C1), Pemahaman (C2), Aplikasi (C3), Menganalisis (C4), Mengevaluasi (C5) dan Mengkreasikan (C6).
  2. Ranah Afek adal merupakan ranah yang berkaitan dengan sikap dan nilai ranah afektif mencakup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi, dan nilai. Adapun cakupan dari ranah afektif antara lain Receiving atau attending ( menerima atua memperhatikan), Responding (menanggapi) mengandung arti adanya partisipasi aktif, Valuing (menilai atau menghargai), Organization (mengatur atau mengorganisasikan), dan Characterization by evalue or calue complex (karakterisasi dengan suatu nilai atau komplek nilai) 
  3. Ranah psikomotor merupakan ranah yang berkaitan dengan keterampilan (skill) tau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu. Hasil belajar psikomotor ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari hasil belajar kognitif (memahami sesuatu) dan dan hasil belajar afektif (yang baru tampak dalam bentuk kecenderungan-kecenderungan berperilaku). Ranah psikomotor adalah berhubungan dengan aktivitas fisik, misalnya lari, melompat, melukis, menari, memukul, dan sebagainya. Hasil belajar keterampilan (psikomotor) dapat diukur melalui pengamatan langsung dan penilaian tingkah laku peserta didik selama proses pembelajaran praktik berlangsung, sesudah mengikuti pembelajaran, yaitu dengan jalan memberikan tes kepada peserta didik untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap, dan beberapa waktu sesudah pembelajaran selesai dan kelak dalam lingkungan kerjanya.

Berikut Kata Kerja Operasional (KKO) pada setiap ranah

KATA KERJA OPERASIONAL RANAH AFEKTIF

KATA KERJA OPERASIONAL RANAH KOGNITIF

KATA KERJA OPERASIONAL RANAH PHISIKOMOTORIK

1928 ANBK ANBK 2022 Asesmen BAZNAS Bidang PENDIS NTT Dinkes Mabar HSN 2022 IAKN Kupang IKM Inmas Kankemenag Mabar Kanwil Kemenag NTT Kesehatan Kesiswaan Kisi Kisi AM 2024 KMA Kompetisi Sains KSM Kurikulum Merdeka Belajar madrasah MTsN 2 Mabar MTsN 2 Manggarai Barat MTsN2Mabar NESO Olimpaide Sains Olimpiade OSIS OSN Panduan IKM Panduan Pembelajaran pembelajaran PEMILU POSI PTKIP Puskesmas Labuan Bajo Ramadhan Rektor dan Senat Sanggar Seni MTSN 2 Mabar Santri Sbsn Siswa MTSN 2 MABAR Sumpah Pemuda 94 UIN Khas Jember UIN SAMI Samarinda

Demikian secara singkat tentang ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik, semoga bermanfaat. By Mush


2 Komentar

Syaiful Al Anwary · Januari 18, 2023 pada 4:58 pm

Luar biasa penjelasannya detail dan mudah di pahami. Semoga bermanfaat dan menjadi sumber pahala kebaikan

    admin · Februari 8, 2023 pada 2:53 am

    Terima Kasih semoga bermanfaat

Komen